Contoh Proposal Usaha
PROPOSAL USAHA
Judul :
Produk Minuman Susu Kedelai
Oleh :
1.
Abdul Kodir
2.
Andrik Choir Rizal
3.
Fitriyani
4.
Indra Permana
5.
Primadana
6.
Tati Haryati
RINGKASAN PROYEK
A.
Manajemen
Nama Perusahaan : PT.Studytour
Nama Pemilik Perusahaan : Abdul kodir
Bidang Usaha : Produk
Minuman
Jumlah Tenaga Kerja : 6 Orang
B.
Pemasaran
Produk yang dipasarkan : Susu Kedelai
Sasaran konsumen : Semua umur
Wilayah Pemasaran : Rangkasbitung dan
sekitarnya
Rencana Penjualan/Tahun : 2015
Penetapan Harga Jual : Rp. 1.000
C.
Keuangan
Total Pembayaran Proyek : Rp. 20.000
Pinjaman yang Diajukan :
-
Jangka Waktu Pengembalian
Pinjaman : -
Penjualan Per Minggu : Rp. 140.000
Keuntungan Per Minggu : Rp.
D.
Daftar Riwayat Hidup Pengelola
Nama : Abdul Kodir
Tempat dan Tanggal Lahir : Lebak, 28 Februari 1996
Agama : Islam
Alamat Rumah : Jl.Sajira-Muncang
Alamat Tempat Usaha : Cimesir
Pendidikan Terakhir : SMK
Nama : Andrik Choir Rizal
Tempat dan Tanggal Lahir : Lebak, 26 September 1997
Agama : Islam
Alamat Rumah : Jl.Maulana Yusuf-Kadulanggar
Alamat Tempat Usaha : Cimesir
Pendidikan Terakhir : SMK
Nama : Fitriyani
Tempat dan Tanggal Lahir : Lebak, 08 Februari 1997
Agama : Islam
Alamat Rumah : Jl.Syeh Nawawi-Bojongleles
Alamat Tempat Usaha : Cimesir
Pendidikan Terakhir : SMK
i
|
Nama : Indra Permana
Tempat dan Tanggal Lahir : Jakarta, 22 Februari 1997
Agama : Islam
Alamat Rumah : Jl.Tb Hasan-Cimesir
Alamat Tempat Usaha : Cimesir
Pendidikan Terakhir : SMK
Nama : Primadana
Tempat dan Tanggal Lahir : Lebak, 14 Desember 1997
Agama : Islam
Alamat Rumah : Jl.Tb Hasan-Cimesir
Alamat Tempat Usaha : Cimesir
Pendidikan Terakhir : SMK
Nama : Tati Haryati
Tempat dan Tanggal Lahir : Lebak, 06 Desember 1997
Agama : Islam
Alamat Rumah : Jl.Kp.Pasir Lame-Cimarga
Alamat Tempat Usaha : Cimesir
Pendidikan Terakhir : SMK
Pelatihan, Pengalaman dan Keterampilan :
Selama kurang lebih tiga tahun belajar “Kewirausahaan”
di SMKN 1 Rangkasbitung kami mendapatkan banyak pengetahuan tentang bagaimana
cara berwirausaha. Kami telah mensurvey bahan baku beserta harganya, ikut serta
dalam observasi dikampung Cimesir, dan mencari tempat yang strategis untuk
menjual produk tersebut. banyak pengalaman yang kami dapatkan mulai dari cara
produksi, penjualan, hingga kegagalan dalam memproduksi.
ii
|
DAFTAR ISI
RINGKASAN PROYEK . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i
A.
Manajemen . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . i
B.
Pemasaran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . i
C.
Keuangan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . i
D.
Daftar Riwayat Hidup Pengelola . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
ii
DAFTAR ISI
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . iii
BAB I PENDAHULUAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . 1
A.
Judul Kegiatan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 1
B.
Status Usaha. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 1
C.
Rasional Usaha. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 1
D.
Tujuan Kegiatan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 1
BAB II METODE PELAKSANAAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
A.
Produk. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . 2
B.
Bahan Baku. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . 2
C.
Proses Produksi. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 2
D. Pemasaran. . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
E.
Tempat Produksi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 2
F.
Strategi Pemasaran . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . 2
G.
Analisis SWOT . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. .
3
BAB III TARGET LUARAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
A.
Target Produk . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 3
B.
Target Konsumen . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . 3
C.
Target Pendapatan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
BAB IV RENCANA BIAYA . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
A.
Rencana Biaya Usaha . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
B.
Menghitung Harga Jual . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4
BAB V ORGANISASI PELAKSANA . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4
A.
Personal . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . 4
B.
Struktur Organisasi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4
BAB VI PENUTUP . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 5
iii
|
BAB I PENDAHULUAN
A. Judul Kegiatan
Usaha
Minuman Siap Saji
B. Status Usaha
Usaha
yang akan saya jalankan adalah usaha pegembangan
C. Rasional Kegiatan
Usaha susu kedelai yang akan saya dirikan
adalah jenis usaha perdagangan berskala kecil yang khusus hanya memproduksi
susu kedelai saja. Alasan saya dalam memilih susu kedelai berdasarkan atas
pertimbangan, sebagai berikut :
1.
Susu
kedelai sudah menjadi minuman favorit banyak orang. Susu kedelai merupakan
minuman yang berprotein tinggi juga dapat dikonsumsi oleh semua umur,oleh karena itu saya menjual
susu kedelai tersebut.
2.
Bahan baku
yang digunakan tidakterlalu sulit dan mudah didapat, saya hanya membutuhkan
kacang kedelai dan gula pasir untuk bahan baku utamanya.
3.
Pengembangan
dan menuangkan pola piker saya dengan membuat susu kedelai yang lebih menarik
lagi.
D. Tujuan Kegiatan
Tujuan
didirikannya usaha minuman siap saji ini adalah :
1.
Sebagai
bentuk pembelajaran saya dalam berwirausaha
2.
Memanfaatkan
kacang kedelai sebagai minuman cepat saji
3.
Memberikan
minuman yang berprotein tinggi untuk semua orang
1
|
BAB II METODE PELAKSANAAN
A.
Produk
Produk kerajinan yang akan kami hasil kanadaah Susu Kedelai, yaitu jenis susu berbahan utama kedeai yang di rebus, kemudian diperas, dan di ambil sarinya. Susu kedelai merupakan produk yang kaya
vitamin dan nutrisi baik juga bagi kesehatan karena dibuat dari bahan-bahan alami.
B.
Bahan Baku
Bahan baku utama Susu Kedelai adalah
kacang
kedelai,gula, dan kalau yang di warnai pakai pewarna makanan.
C. Proses Produksi
Susu Kedelai diproduksi dengan proses
sebagai berikut :
1.
Kedelai di cuci terebih dahulu
2.
Kemudian rendam kedeai 6 – 7 jam
3.
Rebus kedelai hingga mendidih
5.
Setelah disaring masukan kedelai kedalam panci yang di dalamnya telah di sediakan 200ml air
putih dan 3 helai daun pandan yang telah di potong-potong
6.
Setelah panci terisi penuh, tunggu hingga panas lalu masukan gula± 1Kg dan tunggu hingga mendidih.
7.
Kedalai siap diproduksi dan dipasarkan
D.
Pemasaran
Segmen pasar yang di
bidik ialah anak sekoah dan masyarakat umum di sekitar Rangkasbitung.Strategi pemasan yang diakukan adalah dengan cara berkeliling kesekoah-sekoah sekitar Rangkasitung dan menitipkan dagangan kami
kewarung.
E.
Tempat Produksi
Tempat produksi kami diakukandi rumah
F.
Strategi Pemasaran
1.
Membuatbrowsur
1.
Mendatangi langsung konsumen
2.
Menitipkan pada warung-warung
3.
Mendatangi langsung konsumen
G. Analisis SWOT
Sebelum melaksanakan suatu usaha baru kita
perlu mengetahui hal-hal/aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha tersebut.
Hal tersebut diantaranya adalah aspek kekuatan (strength), kelemahan
(weakness), kesempatan (opportunities), dan ancaman (threat).
Dengan melakukan analisa terhadap hal-hal
tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancer dan sukses.
Berikut adalah beberapa hal dari masing-masing
aspek diatas
1.
Strength
a.
Susu
kedelai dapat dikonsumsi oleh semua kalangan dan semua umur.
b.
Sedikitnya
pesaing yang memproduksi susu kedelai.
2.
Weakness
a.
Harga
tinggi selalu menjadi pertimbangan konsumen.
b.
Susu
kedelai belum menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat.
2
|
3.
Opportunities
a.
Bahan-bahan
yang mudah didapatkan.
b.
Pembuatannya
cukup mudah.
c.
Keuntungannya
cukup banyak.
4.
Threath
a.
Munculnya
produk pesaing susu kedelai.
b.
Pesaing
yang beroperasi didaerah yang sama.
BAB III TARGET KELUARAN
A.
Target Produk
Produk yang akan dihasilkan adalah minuman
cepat saji, kualitas produk yang akan dihasilkan dalah susu kedelai yang
berprotein tinggi dan disukai banyak orang. Produk yang akan dihasilkan adalah
Susu kedelai.
B. Target Konsumen
Konsumen yang ditargetkan adalah semua usia
dengan target 70 orang
C. Target Pendapatan
Jumlah pendapatan yang ingin kami peroleh
setiap hari adalah Rp.350,00/bungkus.
BAB IV RENCANA BIAYA
A.
Rencana biaya usaha
Rancana biaya
usaha yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut
1.Biaya operasi
a. Bahan baku
No
|
Uraian
|
Vol
|
Satuan
|
Harga/sat
(Rp.)
|
Jumlah
(Rp.)
|
1
|
Kedelai
|
1
|
Kilogram
|
10.000
|
10.000
|
2
|
Gula
|
1
|
Kiloogram
|
12.000
|
12.000
|
3
|
Daun pandan
|
3
|
Helai
|
1000
|
3000
|
Total 25.000
|
b. Bahan Pembantu
No
|
Uraian
|
Vol
|
Satuan
|
Harga/sat
(Rp.)
|
Jumlah
(Rp.)
|
1
|
Plastik
|
1
|
Buah
|
6000
|
6000
|
2
|
Karet
|
1
|
Buah
|
4000
|
4000
|
Total
10.000
|
|||||
Jumlah
biaya produksi perhari
35.000
|
|||||
Jumlah total biaya usaha 35.000
|
3
|
B.
Menghitung Harga Jual
No
|
Uraian
|
Jumlah Biaya
(Rp.)
|
Kapasitas Produksi
|
Biaya perbungkus
|
Biaya bahan bakub per hari
|
44.000
|
70
|
650
|
|
Biaya perlengkapan perhari
|
20.000
|
70
|
300
|
|
Total biaya
operasi perhari
35.000
|
||||
Total biaya perbungkus
950
|
||||
Margin kentungan yang diharapkan
40%
|
||||
Harga jual produksi per unit 1300
|
BAB V ORGANISASI PELAKSANA
A.
Personal
No
|
Nama
|
Pendidikan
|
Deskripsi Tugas
|
1
|
Abdul Kodir
|
SMK
|
Pengelola
|
2
|
Andrik Choir Rizal
|
SMK
|
Manajer dan Pemasaran
|
3
|
Fitriyani
|
SMK
|
Produksi
|
4
|
Indra Permana
|
SMK
|
Produksi
|
5
|
Primadana
|
SMK
|
Produksi
|
6
|
Tati Haryati
|
SMK
|
Produksi
|
B.
Struktur Organisasi
Pengelola
|
Manajer dan Pemasaran
|
Produksi
|
Produksi
|
Produksi
|
Produksi
|
4
|
BAB VI PENUTUP
Demikian proposal
usaha produk minuman susu kedelai kami buat. Adapun tujuan proposal ini yaitu
untuk memperkenalkan lebih detail tentang produk kami dan mengundang para
investor untuk bekerja sama membangun usaha produk minuman susu kedelai ini.
Isi dari proposal ini yaitu terdiri dari perkenalan produk , rincian biaya yang
dibutuhkan dalam berproduksi, analisa SWOT produk hingga struktur organisasi
pengelola.
Semoga apa yang
tertulis dalam proposal ini dapat dimengerti dengan mudah dan calon investor
tertarik untuk bergabung dalam usaha ini. Atas perhatiannya kami ucapkan
terimakasih.
5
|
Comments
Post a Comment