Contoh Proposal Usaha

 PROPOSAL USAHA

Judul :
Produk Minuman Susu Kedelai

















   Oleh :
1.    Abdul Kodir
2.    Andrik Choir Rizal
3.    Fitriyani
4.    Indra Permana
5.    Primadana
6.    Tati Haryati



























RINGKASAN PROYEK
A.      Manajemen
Nama Perusahaan                           : PT.Studytour
Nama Pemilik Perusahaan              : Abdul kodir
Bidang Usaha                                 : Produk Minuman
Jumlah Tenaga Kerja                      : 6 Orang

B.      Pemasaran
Produk yang dipasarkan                 : Susu Kedelai
Sasaran konsumen                          : Semua umur
Wilayah Pemasaran                        : Rangkasbitung dan sekitarnya
Rencana Penjualan/Tahun              : 2015
Penetapan Harga Jual                     : Rp. 1.000

C.      Keuangan
Total Pembayaran Proyek                       : Rp. 20.000
Pinjaman yang Diajukan                                                : -
Jangka Waktu Pengembalian Pinjaman  : -
Penjualan Per Minggu                            : Rp. 140.000
Keuntungan Per Minggu                        : Rp.

D.      Daftar Riwayat Hidup Pengelola
Nama                                                    : Abdul Kodir
Tempat dan Tanggal Lahir                   : Lebak, 28 Februari 1996
Agama                                                  : Islam
Alamat Rumah                                     : Jl.Sajira-Muncang
Alamat Tempat Usaha                         : Cimesir
Pendidikan Terakhir                            : SMK

Nama                                                    : Andrik Choir Rizal
Tempat dan Tanggal Lahir                   : Lebak, 26 September 1997
Agama                                                  : Islam
Alamat Rumah                                     : Jl.Maulana Yusuf-Kadulanggar
Alamat Tempat Usaha                          : Cimesir
Pendidikan Terakhir                             : SMK

Nama                                                    : Fitriyani
Tempat dan Tanggal Lahir                   : Lebak, 08 Februari 1997
Agama                                                  : Islam
Alamat Rumah                                     : Jl.Syeh Nawawi-Bojongleles
Alamat Tempat Usaha                         : Cimesir
Pendidikan Terakhir                             : SMK


i
 

Nama                                              : Indra Permana
Tempat dan Tanggal Lahir             : Jakarta, 22 Februari 1997
Agama                                            : Islam
Alamat Rumah                               : Jl.Tb Hasan-Cimesir
Alamat Tempat Usaha                   : Cimesir
Pendidikan Terakhir                        : SMK

Nama                                              : Primadana
Tempat dan Tanggal Lahir             : Lebak, 14 Desember 1997
Agama                                           : Islam
Alamat Rumah                              : Jl.Tb Hasan-Cimesir
Alamat Tempat Usaha                   : Cimesir
Pendidikan Terakhir                      : SMK

Nama                                              : Tati Haryati
Tempat dan Tanggal Lahir             : Lebak, 06 Desember 1997
Agama                                            : Islam
Alamat Rumah                               : Jl.Kp.Pasir Lame-Cimarga
Alamat Tempat Usaha                    : Cimesir
Pendidikan Terakhir                       : SMK

Pelatihan, Pengalaman dan Keterampilan :

Selama kurang lebih tiga tahun belajar “Kewirausahaan” di SMKN 1 Rangkasbitung kami mendapatkan banyak pengetahuan tentang bagaimana cara berwirausaha. Kami telah mensurvey bahan baku beserta harganya, ikut serta dalam observasi dikampung Cimesir, dan mencari tempat yang strategis untuk menjual produk tersebut. banyak pengalaman yang kami dapatkan mulai dari cara produksi, penjualan, hingga kegagalan dalam memproduksi.












ii
 

DAFTAR ISI
RINGKASAN PROYEK . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  i
A.      Manajemen . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  i
B.      Pemasaran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  i
C.      Keuangan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  i
D.      Daftar Riwayat Hidup Pengelola  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . .  ii
DAFTAR ISI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  iii
BAB I PENDAHULUAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . .  1
A.      Judul Kegiatan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  1
B.      Status Usaha. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  1
C.      Rasional Usaha. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  1
D.      Tujuan Kegiatan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  1
BAB II METODE PELAKSANAAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  2
A.      Produk. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  2
B.      Bahan Baku. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  2
C.      Proses Produksi. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  2
D.      Pemasaran. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  2
E.       Tempat Produksi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  2
F.       Strategi Pemasaran  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  2
G.     Analisis SWOT . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  .  3
BAB III TARGET LUARAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  3
A.      Target Produk . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  3
B.      Target Konsumen . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  3
C.      Target Pendapatan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  3
BAB IV RENCANA BIAYA . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  3
A.      Rencana Biaya Usaha . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  3
B.      Menghitung Harga Jual . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  4
BAB V ORGANISASI PELAKSANA . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  4
A.      Personal . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  .  4
B.      Struktur Organisasi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  4
BAB VI PENUTUP . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  5









iii
 

BAB I PENDAHULUAN
A.      Judul Kegiatan
Usaha Minuman Siap Saji
B.      Status Usaha
Usaha yang akan saya jalankan adalah usaha pegembangan
C.      Rasional Kegiatan
Usaha susu kedelai yang akan saya dirikan adalah jenis usaha perdagangan berskala kecil yang khusus hanya memproduksi susu kedelai saja. Alasan saya dalam memilih susu kedelai berdasarkan atas pertimbangan, sebagai berikut :
1.       Susu kedelai sudah menjadi minuman favorit banyak orang. Susu kedelai merupakan minuman yang berprotein tinggi juga dapat dikonsumsi  oleh semua umur,oleh karena itu saya menjual susu kedelai tersebut.
2.       Bahan baku yang digunakan tidakterlalu sulit dan mudah didapat, saya hanya membutuhkan kacang kedelai dan gula pasir untuk bahan baku utamanya.
3.       Pengembangan dan menuangkan pola piker saya dengan membuat susu kedelai yang lebih menarik lagi.
D.      Tujuan Kegiatan
Tujuan didirikannya usaha minuman siap saji ini adalah :
1.       Sebagai bentuk pembelajaran saya dalam berwirausaha
2.       Memanfaatkan kacang kedelai sebagai minuman cepat saji
3.       Memberikan minuman yang berprotein tinggi untuk semua orang














1
 

BAB II METODE PELAKSANAAN
A.      Produk
Produk kerajinan yang akan kami hasil kanadaah Susu Kedelai, yaitu jenis susu berbahan utama kedeai yang di rebus, kemudian diperas, dan di ambil sarinya. Susu kedelai merupakan produk yang kaya vitamin dan nutrisi baik juga bagi kesehatan karena dibuat dari bahan-bahan alami.
B.      Bahan Baku
Bahan baku utama Susu Kedelai adalah kacang kedelai,gula, dan kalau yang di warnai pakai pewarna makanan.
C.      Proses Produksi
Susu Kedelai diproduksi dengan proses sebagai berikut :
1.       Kedelai di cuci terebih dahulu
2.       Kemudian rendam kedeai 6 – 7 jam
3.       Rebus kedelai hingga mendidih
4.       Setelah itu blender kedelai lalu saring kedelai dari ampasnya
5.       Setelah disaring masukan kedelai kedalam panci yang di dalamnya telah di sediakan 200ml air putih dan 3 helai daun pandan yang telah di potong-potong
6.       Setelah panci terisi penuh, tunggu hingga panas lalu masukan gula± 1Kg dan tunggu hingga mendidih.
7.       Kedalai siap diproduksi dan dipasarkan
D.      Pemasaran
Segmen pasar yang di bidik ialah anak sekoah dan masyarakat umum di sekitar Rangkasbitung.Strategi pemasan yang diakukan adalah dengan cara berkeliling kesekoah-sekoah sekitar Rangkasitung dan menitipkan dagangan kami kewarung.
E.       Tempat Produksi
Tempat produksi kami diakukandi rumah
F.       Strategi Pemasaran
1.       Membuatbrowsur
1.       Mendatangi langsung konsumen
2.       Menitipkan pada warung-warung
3.       Mendatangi langsung konsumen
G.     Analisis SWOT
Sebelum melaksanakan suatu usaha baru kita perlu mengetahui hal-hal/aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah aspek kekuatan (strength), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunities), dan ancaman (threat).
Dengan melakukan analisa terhadap hal-hal tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancer dan sukses.
Berikut adalah beberapa hal dari masing-masing aspek diatas
1.       Strength
a.       Susu kedelai dapat dikonsumsi oleh semua kalangan dan semua umur.
b.      Sedikitnya pesaing yang memproduksi susu kedelai.
2.       Weakness
a.       Harga tinggi selalu menjadi pertimbangan konsumen.
b.      Susu kedelai belum menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat.

2
 

3.       Opportunities
a.       Bahan-bahan yang mudah didapatkan.
b.      Pembuatannya cukup mudah.
c.       Keuntungannya cukup banyak.
4.       Threath
a.       Munculnya produk pesaing susu kedelai.
b.      Pesaing yang beroperasi didaerah yang sama.

BAB III TARGET KELUARAN
A.      Target Produk
Produk yang akan dihasilkan adalah minuman cepat saji, kualitas produk yang akan dihasilkan dalah susu kedelai yang berprotein tinggi dan disukai banyak orang. Produk yang akan dihasilkan adalah Susu kedelai.
B.      Target Konsumen
Konsumen yang ditargetkan adalah semua usia dengan target 70 orang
C.      Target Pendapatan
Jumlah pendapatan yang ingin kami peroleh setiap hari adalah Rp.350,00/bungkus.

BAB IV RENCANA BIAYA
A.      Rencana biaya usaha
                Rancana biaya usaha yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut
                1.Biaya operasi
                a.  Bahan baku  
No
Uraian
Vol
Satuan
Harga/sat
(Rp.)
Jumlah
(Rp.)
1
Kedelai
1
Kilogram
10.000
10.000
2
Gula
1
Kiloogram
12.000
12.000
3
Daun pandan
3
Helai
1000
3000
Total                                                                                                                                               25.000
                                                                            
                b. Bahan Pembantu
No
Uraian
Vol
Satuan
Harga/sat
(Rp.)
Jumlah
(Rp.)
1
Plastik
1
Buah
6000
                6000
2
Karet
1
Buah
4000
                4000
Total                                                                                                                                               10.000
Jumlah biaya produksi perhari                                                                                                  35.000
Jumlah total biaya usaha                                                                                                                      35.000



3
 


B.      Menghitung Harga Jual
No
Uraian
Jumlah Biaya
(Rp.)
Kapasitas Produksi
Biaya perbungkus

Biaya bahan bakub per hari
44.000
70
650

Biaya perlengkapan perhari
20.000
70
300
Total biaya operasi perhari                                                                                      35.000
Total biaya perbungkus                                                                                            950
Margin kentungan yang diharapkan                                                                      40%
Harga jual produksi per unit                                                                                    1300

BAB V ORGANISASI PELAKSANA
A.      Personal
No
Nama
Pendidikan
Deskripsi Tugas
1
Abdul Kodir
SMK
Pengelola
2
Andrik Choir Rizal
SMK
Manajer dan Pemasaran
3
Fitriyani
SMK
Produksi
4
Indra Permana
SMK
Produksi
5
Primadana
SMK
Produksi
6
Tati Haryati
SMK
Produksi

B.      Struktur Organisasi


Pengelola
 

                                                                                                     

                                                                                                      

Manajer dan Pemasaran

Produksi

Produksi

Produksi

Produksi

4
 



















BAB VI PENUTUP
Demikian proposal usaha produk minuman susu kedelai kami buat. Adapun tujuan proposal ini yaitu untuk memperkenalkan lebih detail tentang produk kami dan mengundang para investor untuk bekerja sama membangun usaha produk minuman susu kedelai ini. Isi dari proposal ini yaitu terdiri dari perkenalan produk , rincian biaya yang dibutuhkan dalam berproduksi, analisa SWOT produk hingga struktur organisasi pengelola.
Semoga apa yang tertulis dalam proposal ini dapat dimengerti dengan mudah dan calon investor tertarik untuk bergabung dalam usaha ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.




































5
 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh SK OSIS Dan MPK SMKN 1 Rangkasbitung

Contoh Laporan Prakerin SMKN 1 Rangkasbitung

Apa Itu Merchandiser ???